Wanita Jadi Ketakutan Jelang Menopause

Menjelang masa menopause, wanita berusia 35 tahun ke atas merasa takut akan kehilangan ingatan dan nafsu seksualnya. Banyak wanita yang hanya diam saja dan tidak mencari pertolongan medis saat gejala menopause datang.

Berdasarkan survei terhadap 745 wanita yang dimuat dalam The Secret Guide to Women’s Health juga diketahui bahwa 28 persen wanita di atas 35 tahun tidak pernah melakukan seks. Jumlah itu pun semakin berkurang pada wanita yang memiliki anak satu atau dua.

Para wanita mengaku faktor pekerjaan sangat mempengaruhi kehidupan seks mereka. Wanita yang bekerja penuh dilaporkan lebih sedikit mencapai orgasme daripada wanita yang bekerja paruh waktu.


Sebanyak 28 persen wanita di atas 35 tahun yang mau memasuki menopause juga takut menjadi pikun dan 26 persennya takut tidak punya hasrat seks lagi.

“Isu menjelang menopause adalah topik yang jarang dibicarakan wanita. Banyak wanita yang mengalaminya hanya diam saja, padahal itu membahayakan kesehatan mentalnya,” kata psikolog Barbara Gibbon seperti dilansir Telegraph, Rabu (17/2/2010).

Dalam buku panduan The Secret Guide to Womens Health disebutkan beberapa kondisi yang dialami wanita usia 35 tahun mulai dari menopause, gangguan seks hingga masalah makan.

“Di luar sana banyak wanita yang punya masalah kesehatan tapi tidak pernah mencari bantuan karena dianggap memalukan. Studi ini akan menyadarkan para wanita agar tidak segan-segan mendiskusikan masalah menopause dan segera mencari pertolongan medis saat gejala itu datang,” ujar Gibbon.

Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi yang biasa dialami wanita setiap bulan. Wanita yang sudah menopause juga sudah tidak bisa hamil lagi. Wanita menopause sering mengalami kekurangan hormon estrogen.(menopause)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s