Siklus Menstruasi Normal

Siklus Menstruasi Normal

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh  untuk mempersiapkan kehamilan dan masa puber telah menjadi dewasa bagi seorang wanita . Sebulan sekali, rahim tumbuh sebuah lapisan, baru menebal (endometrium) yang dapat sel telur. Ketika tidak terjadi pembuahan, maka siklus haid akan terjadi. . Ini adalah bulanan perdarahan menstruasi (disebut juga periode menstruasi atau haid) yang diperoleh dari tahun-tahun awal remaja sampai akhir periode menstruasi sekitar usia 55 saat ( menopause ).


Sistem reproduksi wanita.

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama perdarahan haid, Hari 1, hingga selesai . dengan perdarahan berikutnya menstruasi . Meskipun 28 hari adalah panjang siklus rata-rata, itu adalah normal untuk memiliki siklus yang lebih pendek atau lebih lama.

Siklus Seorang remaja masih belum teratur bisa menjadi panjang (hingga 45 hari), bisa lebih pendek selama beberapa tahun pertama

Antara usia 25 dan 35, siklus kebanyakan wanita adalah mulai normal dan teratur. biasa, berlangsung 21 sampai 35 hari.
   
Sekitar usia 40 sampai 42, siklus cenderung terpendek dan paling teratur. Hal ini diikuti oleh 8 sampai 10 tahun lagi, siklus kurang dapat diprediksi sampai menopause .

Fase-fase siklus menstruasi  oleh perubahan hormon.

Periode Menstruasi

Pada hari 1 dari siklus, lapisan menebal ( endometrium ) rahim mulai menebal. Menstruasi menrontokan dinding rahim, dan terjadi perdarahan menstruasi dari vagina . Periode menstruasi normal dapat berlangsung 4 sampai 6 hari.

Sebagian besar  darah haid terkuras, karena terjadi haid selama 3 hari pertama. Hal ini juga mengakibatkan rasa kram nyeri di panggul, kaki, dan punggung. Kram terjadi antara ringan sampai parah. Kram adalah kontrak rahim, membongkar darah haid yang menebal pada endometrium . Secara umum, gejala pramenstruasi yang telah rasakan sebelumnya haid akan hilang selama hari-hari pertama dari siklus

Folikel fase

Selama fase folikuler, sebuah folikel telur pada ovarium akan siap untuk melepaskan telur. Biasanya, satu telur dilepaskan per siklus. Proses ini bisa pendek atau panjang dan memainkan peran terbesar dalam berapa lama siklus . Pada saat yang sama, rahim mulai tumbuh sebuah endometrium baru untuk mempersiapkan untuk kehamilan.

Hari terakhir dari fase folikular, ditambah ovulasi hari, Adalah masa subur . Bila terjadi pembuahan ada kesempatan untuk hamil jika tidak mengunakan program KB

Luteal (premenstrual) fase

Fase ini dimulai pada ovulasi hari, hari telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi setiap saat dari Hari 7 Hari 22 dari siklus menstruasi normal. Selama ovulasi, beberapa wanita memiliki kurang dari satu hari bercak merah nyeri panggul atau lebih rendah atau ketidaknyamanan (mittelschmerz). Tanda-tanda ovulasi yang normal.

Jika sel telur dibuahi oleh sperma dan kemudian implan dalam (menempel) endometrium, kehamilan dimulai. (Kehamilan ini adalah tanggal dari Hari 1 dari siklus menstruasi.)

Jika telur tidak dibuahi atau tidak implan, endometrium mulai rusak.

Setelah tahun-tahun remaja dan sebelum perimenopause di 40-an, fase luteal Anda sangat diprediksi. Ini biasanya berlangsung 13 sampai 15 hari, dari ovulasi sampai perdarahan menstruasi mulai siklus baru. Periode 2-minggu juga disebut “pramenstruasi” periode.

Banyak wanita memiliki semua gejala pramenstruasi selama atau bagian dari fase luteal. Kemungkinan merasa tegang, marah, atau emosional. pertambahan berat badan dan merasa kembung. Atau mungkin payudara menjadi tegang atau jerawat . Sebelum menstruasi, mungkin mulai terasa sakit (kram) pada perut, punggung, atau kaki. Adalah normal untuk mengalami kurang energi saat ini. Beberapa wanita juga memiliki sakit kepala, diare atau sembelit, mual, pusing, atau pingsan .

Siklus Menstruasi Remaja

Menarche (katakanlah “MEN-ar-kee”) adalah periode pertama menstruasi seorang gadis. Periode pertama biasanya terjadi setelah payudara, rambut kemaluan, dan rambut ketiak mulai tumbuh. Menarche adalah tanda tumbuh dewasa dan menjadi seorang wanita. Itu bisa terjadi sedini usia sekitar 9 atau sampai dengan usia 15. Beberapa periode pertama biasanya bercak dan tidak teratur. Sekitar 2 dari 3 perempuan memiliki pola yang teratur periode menstruasi dalam waktu 2 tahun menarche. Selama masa remaja, masa dapat menjadi lebih lama dan lebih berat.

Periode pertama menstruasi disebut menarche (katakanlah “MEN-ar-kee”). Hal ini biasanya dimulai kira antara usia 11 dan 14. 1 Tetapi hal ini bisa terjadi sejak usia 9 atau akhir 15. Jika Anda adalah seorang gadis remaja, belum mulai mengalami haid pada usia 15. Menarke adalah tanda tumbuh dewasa dan menjadi seorang wanita. Seiring dengan mulai menstruasi, tubuh berubah. Anda telah mulai mengembangkan payudara, kemaluan rambut, dan rambut ketiak. Dan pinggul telah mulai melebar. Menarche juga berarti bahwa jika sudah bisa memproduksi sel telur. dan, bisa m hamil . Anda bahkan bisa hamil dalam satu bulan sebelum menstruasi pertama dimulai.

Permulaan terjadi haid

Pada hari-hari permulaan terjadi haid, ada kemungkinan merasa tegang atau emosional. mungkin m berat badan ada lebih dan merasa kembung. Anda mungkin memiliki rasa sakit (kram) pada perut, punggung, atau kaki yang berlangsung beberapa jam atau lebih. Payudara mungkin menjadi kaku dan wajah berjerawat .

Ketika mulai mengalami haid pertama terlihat titik darah pada pakaian dalam. atau ketika berada dalam kamar mandi. Aliran darah dari Vagina biasa hanya jumlah sedikit dan mungkin lebih banyak untuk beberapa hari sebelum berakhir. Darah dapat menjadi warna kecoklatan pada awalnya dan kemudian berubah menjadi merah cerah. Periode biasanya akan berlangsung 3 sampai 7 hari setiap bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s