Olahraga Selama Menstruasi

Berolahraga saat menstruasi bisa memberikan manfaat besar. Sebab menggerakkan badan dengan intensitas sedang bisa membantu mengurangi kram dan kembung saat menstruasi.

Selain itu, olahraga saat menstruasi juga membantu meningkatkan efektivitas sirkulasi darah. Hal ini mampu mengurangi sakit kepala dan sakit lainnya yang disebabkan oleh hilangnya darah dan zat besi. Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa olahraga teratur juga membantu mengontrol keinginan yang tak terkendali atas makanan karena rasa lapar, terutama junk food, demikian dilansir dari Times of India.

Hasil lain dari temuan tersebut mengatakan bahwa wanita yang jarang atau hanya melakukan olahraga kecil cenderung memiliki siklus menstruasi panjang yang menyakitkan dan tidak teratur. Namun, wanita yang melakukan olahraga terlalu berat atau ekstrim seperti binaraga, justru mengalami penghentian haid sementara atau membuatnya tidak teratur. Jadi, olahraga dengan intensitas sedang adalah pilihan yang terbaik.


Siklus haid dapat dibagi menjadi 6 tahapan yang berbeda. Pada tahap pertama hingga ketiga, berkaitan dengan perubahan dalam dinding rahim, sedangkan tiga sisanya fase yang berhubungan dengan proses yang berlangsung dalam ovarium. So, bagi para wanita, jangan pernah lupakan menyediakan waktu untuk berolahraga dengan intensitas sedang, terutama pada saat menstruasi.(intisari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s