Ling Zhi : Raja Tonikum

Ling Zhi merupakan salah satu jenis jamur yang biasanya tumbuh pada kayu atau batang pohon.

Ling Zhi  dikenal Indonesia sebagai Jamur  Kayu atau Jamur Merah. Ling Zhi (dari bahasa China) termasuk dalam golongan Ganoderma Lucidum, di Jepang disebut Reishi,di Korea disebut Yeongji, di Malaysia disebut Kulat dan dalam bahasa Arab disebut Al Kamah.


Ling Zhi  dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Tempat tumbuhnya adalah pohon-pohon yang tua dan lapuk, atau pohon yang telah mati. Berbentuk seperti payung tidak sempurna, bertangkai relatif pendek dibandingkan dengan tubuh buah (payung)-nya yang berdiameter hingga 30 cm. Bentuk payungnya setengah lingkaran mirip ginjal, dengan ketebalan bervariasi antara 2-5 cm.

Sejarah Ling Zhi

Kaisar Shih Huang Ti

Berdasarkan sejarah Cina, Lingzhi pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang bernama Seng Nong. Ia dijuluki sebagai petani yang suci (holyfarmer). Menurut Seng Nong, hal terpenting dari sebuah tanaman obat adalah bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tidak menimbulkan efek samping. Menurut The Materia Medica Classic of Shengnong LingZhi sebagai “crème de la crème” dari obat-obatan herbal, atau obat herbal yang paling agung dan mulia tanpa efek samping.

Dalam pengobatan China, Lingzhi terkenal sebagai ‘raja tonikum” karena menempati kelas tertinggi sebagai tonik untuk memperpanjang umur.

Li Shi Zen dari Dinasti Ming, guru besar pengobatan Cina menyimpannya dalam Ben Cao Gan Mu. Dia mengatakan,” Penggunaan LingZhi secara luas akan menjamin bentuk tubuh yang ramping dan peremajaan, menikmati usia yang panjang seperti sebuah keabadian…..”

Sekitar 2400 tahun yang lalu, pada masa Dinasti Shu, ling zhi sangat langka dan hanya digunakan untuk pengobatan raja-raja dan bangsawan di Cina. Kaisar Shih Huang Ti (259-210 SM), pendiri tembok besar Cina, juga menggunakan jamur ling zhi sebagai obat hidup abadi. Konon, kaisar dari Dinasti Wei ini pernah mengerahkan 3000 orang prajurit dan perwira angkatan lautnya ke Jepang untuk mencari sari tanaman yang diberitakan ampuh sebagai elixir of immortality (jamu awet muda yang membuat orang “tidak mati-mati”). Ternyata, sari tanaman yang dimaksud adalah sari jamur reishi.

Suku Sherpa yang tinggal di pegunungan Himalaya menggunakan jamur lingzi, dan terbukti mereka mampu bertahan hidup walau di medan terjal dengan perubahan musim yang ekstrem.

Sekarang ini, dengan bantuan teknologi moderen, unsur-unsur yang menyebabkan LingZhi menjadi berkhasiat ini diteliti terus menerus dan memang terbukti secara klinis bahwa jamur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hasil penelitin menyebutkan bahwa jamur ini mampu mengoptimalkan dan mengatur sistem kekebalan tubuh, menghambat sel kanker payudara, mendukung fungsi hati,  dan fungsi lain seperti menurunkan gula darah, kadar kolesterol, mencegah batuk dan insomnia

Kandungan Ling Zhi

Kandungan utama lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).

1. Polisakarida : Mempunyai susunan glukosa, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membentuk antibodi, melawan kanker, alergi, juga menurunkan gula darah, lemak darah, serta membantu menyembuhkan hepatitis B.

2. Adenosine : Kandungan kira-kira 1% yang dapat menenangkan fungsi darah, menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, menurunkan kadar lipid darah dan menstabilkan membran sel darah merah, mencegah pembekuan darah, anti penggumpalan trombosit, memperlebar pembuluh darah jantung, menyeimbangkan PH darah dan mencegah kepikunan.

3. Triterpenoid : Setiap kandungan terdapat 100 jenis, dengan total kandungan kira-kira 4%, dengan rasa pahit yang khas, berfungsi melindungi hati, anti alergi,menormalkan enzim empedu dan meningkatkan sistem pencernaan.

4. Germanium Organik : Mempunyai kandungan penambah oksigen ke dalam darah manusia hingga 1,5 kali lebih kuat. Memperlancar peredaran darah, mencegah penuaan dini, memperkuat kekebalan tubuh.

Manfaat Jamur Ling Zhi

Mengkonsumsi ramuan dari lingzhi memiliki efek yang bersifat melindungi organ tubuh, mengobati, membangun, dan berdampak positif terhadap penyempurnaan organ lain yang sedang sakit. Hingga detik ini belum pernah diketemukan efek negatif yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ramuan berbahan dasar lingzhi baik itu jangka pendek maupun jangka panjang

1. Meningkatkan  kebugaran tubuh

Para pakar Jepang Koseisho Health Departement telah meneliti manfaat jamur ling zhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, jamur ling zhi mengandung germanium organic.  Senyawa ini mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat.

Kandungan oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat jamur ling zhi ini melebihi khasiat ginseng 6 kali lipatnya.

2. Mencegah dan Melawan Sel-sel Kanker

Racun dalam tubuh adalah lahan empuk bagi sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak. Jamur Ling Zhi berkhasiat membersihkan racun dari dalam tubuh. Jika tubuh telah bersih dari racun, otomatis sel-sel kanker tidak akan mampu berkembang biak atau menyebar, bahkan akan mati.

Prof. Feng-Lin Hsu, Ph.D, seorang profesor dan direktur di Graduate Insitute of Pharmacognosy Science, Taipei Medical University, Departemen Ilmu dan Teknologi Farmakognosi, Jepang, yang meneliti manfaat jamur ling zhi mengungkapkan bahwa kandungan polisakarida, germanium, triterpenoid dapat mencegah kanker payudara.

3. Menormalkan Fungsi Tubuh yang Terganggu

Daya adaptogen jamur Ling Zhi mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau menormalkan kembali sel-sel yang tidak normal. Karena itu, jamur ling zhi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya memperbaiki organ-organ dalam tubuh sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Secara singkat, Lingzhi bermanfaat didalam membantu proses penyembuhan lebih dari 150 penyakit. Lingzhi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menormalkan tekanan darah  tinggi maupun rendah,  mencegah stroke, antioksidan, antinyeri, antiradang, antivirus, antijamur, antialergi, menurunkan kadar lemak, kolesterol dan gula darah, menyembuhkan bronchitis dan hepatitis, menekan efek samping kemoterapi/radiasi. Manfaatnya yang beragam dan telah dibuktikan secara turun temurun dan juga melalui berbagai penelitian medis, maka layaklah kalau jamur ini disebut ” Jamur Dewa” yang dapat dikonsumsi dalam jangka  panjang, tanpa efek samping.

Produk terkait : klikdisini 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s