Seks Tanpa Hamil

Tidak semua pasangan yang sudah menikah ingin langsung memiliki momongan. Ingin melanjutkan studi atau mengejar jenjang karier biasanya menjadi alasan. Bila tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi, bagaimana cara melakukan hubungan seks tanpa risiko hamil? Apakah dengan memakai kondom saja bisa menjamin tidak akan hamil?


Sebenarnya pencegahan atau penundaan kehamilan dengan menggunakan sistem KB kalender atau pantang berkala mempunyai kegagalan yang paling tinggi dibandingkan metode-metode kontrasepsi lainnya.

Mengapa? Karena sekalipun Anda memiliki siklus haid yang teratur, sering kali terjadi ketidakakuratan dalam menentukan masa subur Anda. Dengan demikian, sangat tidak disarankan untuk menggunakan metode ini jika Anda benar-benar tidak menginginkan kehamilan.

Sementara itu, metode barrier seperti kondom mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi untuk mencegah kehamilan, yaitu sekitar 80-95 persen. Sebagai tambahan informasi, tidak ada satupun metode kontrasepsi yang bisa memberikan garansi 100 persen untuk mencegah kehamilan.

Masing-masing metode mempunyai angka keberhasilan dan kegagalan yang berbeda-beda. Jadi, pilihan tergantung pada Anda. Pilihlah alat kontrasepsi yang nyaman buat Anda.(Kompas,Kamis, 16 Juli 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s